Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Saturday, April 14, 2012

Suguhan untuk para senior Perintis Reuni Akbar Seluruh Angkatan Di SMAN 1 Bolo

0 comments
yang terhormat, SENIOR-SENIOR PERINTIS REUNI AKBAR SELURUH ANGKATAN
DI SMA N 1 BOLO

Point of view yang ingin saya ungkapkan adalah mengenai eksistensi alumni dalam keberlangsungan suatu lembaga pendidikan, khususnya SMA N 1 BOLO. Berdasarkan gagasan-gagasan yang telah dibangun dan berkaitan dengan alumninya, tergambar bahwa alumni SMA N 1 BOLO masih bergerak tak beraturan dan belum terstruktur. Terungkap pula bahwa melalui terobosan ini ada ide untuk memberikan beasiswa untuk adik-adik angkatan yang mengalami kesulitan pendanaan untuk sekolah.

Great idea. Namun, dalam perjalanannya, meskipun hal tersebut telah terlaksana, namun gerakannya masih tak beraturan, tak terorganisasi. Alumni SMA N 1 BOLO, belum memiliki konsep, program dan goal yang jelas dalam keinginannya untuk berkontribusi bagi almamaternya.Secara usia sekolah, SMA ini telah melewati ulang tahun ke-20, namun alumninya belum bergerak secara beraturan, padahal alumni SMA ini memiliki kekuatan dan potensi yang sangat melimpah dan masih bisa menghasilkan sesuatu yang lebih optimal.

Lalu, apa yang harus dilakukan sekarang? Apakah di mata alumni telah puas dengan aktivitas dan hasil yang telah dicapai selama ini? Perlu digali lebih dalam. Dalam pengamatan penulis selama ini, memang keberadaan ikatan alumni SMA ini masih sangat minim informasi, baik dalam hal aktivitas maupun organisasinya. Mengetahui keberadaan alumni ini pun dari sebuah pencarian di search engine. Teman-teman alumni yang lain bisa dikategorikan sebagai kelompok yang tidak tahu mengenaigagasan tersebut ataupun kelompok yang tidak mau bergabung. Namunkelompok yang kedua ini, mungkin hanyalah sangat kecil prosentasenya. Bolehlah kalau dulu masih terkendala dalam hal komunikasi, telepon dan internet masih dimiliki kalangan terbatas, namun bagaimanapun sekarang tidak bisa dipungkiri, internet maupun telepon telah menjadi nafas dankebutuhan pokok manusia, meskipun masih ada orang/masyarakat yang belum mengenal ataupun sulit untuk mengaksesnya. Namun, jika dibandingkanbeberapa tahun yang lalu, perkembangan sistem telekomunikasi dan informasi telah berkembang pesat dan cepat. Relasi antara alumni dan sekolah sangatlah penting dilakukan.

Konsistensi hubungan keduanya memberikan dampak bagi keberlangsungan proses pendidikan pada SMA-nya. Banyak orang tua ataupun siswa yang mengambil keputusan untuk masuk ke suatu sekolah dengan melihat keberhasilan alumninya. Proses belajar selama 3 tahun di SMU telah memberikan kenangan tersendiri bagi alumni, terutama setelah sekian tahun tidak berjumpa dengan sekolah, guru dan teman-temannya, hingga masih ingin memberikan sesuatu untuk Sekolahnya itu.

Itulah pentingnya alumni melembaga dan terorganisasi dalam satu ikatan.Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Kuncinya adalah pada alumni itu sendiri. Kalau memang masih ingin memberikan sesuatu untuk almamaternya, juga untuk menjalin silaturahmi dengan adik, seangkatan maupun kakak angkatan, mengapa harus tanggung-tanggung. Semuanya perlu ditata sehingga setiap program, aktivitas yang dilakukan akan lebih terencana, teratur, terkontrol dan terevaluasi.

Sebagai penutup catatan ini, ungkapan Apresiasi yang tulus dari penulis kepada para Pengagas REUNI AKBAR ini....

ADITH MULYADIN
SMAN 1 BOLO 2003-2004

III IPA-2

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com