Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Friday, May 25, 2012

HUKUM KEKEKALAN MASSA (HUKUM LAVOISIER)

0 comments
HUKUM KEKEKALAN MASSA (HUKUM LAVOISIER)
=Neeisyah Khairunnisah=
1akta bahwa massa zat-zat bersifat kekal, pada awalnya belum dapat diketahuikarena keterlibatan gas dalam suatu reaksi belum dipahami, Antoine Laurent Lavoisier (1743-1794) seorang ahli Kimia Perancis berhasil menjelaskan keterlibatan gas dalam suatu reaksi kimia.
Eksperimen Lavoisier

Lavoisier memanaskan 530 gram merkuri dalam wadah tertutup. Wadah itu terhubung dengan udara dalam selinder ukur. Diakhir eksperimen, ternyata volum udara dalam selinder telah berkurang sebanyak 1/5 bagian. Sedangkan merkuri berubah menjadi calx merkuri dengan massa sebesar 572,4 gram atau terjadi penambahan massa merkuri sebanyak 42,4 gram. Besarnya penambahan ini ternyata sama dengan 1/5 bagian udara yang berkurang dalam selinder.
Logam Merkuri        +       1/5 bagian udara   ->   calx merkuri
   530 gram                          42,4 gram                        572,4 gram
Kemudian Lavoisier memanaskan kembali calx merkuri tersebut. Diakhir reaksi, ia memperoleh kembali logam merkuri dan 1/5 bagian udara yang hilang tadi, dengan total massa sama dengan massa calx merkuri.
calx merkuri     ->    Logam Merkuri        +       1/5 bagian udara
 572,4 gram                530 gram                           42,4 gram
Dari hasil eksperimen ini dan banyak eksperimen lainnya, Lavoisier menemukan bahwa di dalam suatu reaksi kimia tidak terjadi perubahan massa zat-zat. Berdasarkan hal ini, ia merumuskan Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier) yang berbunyi:
gb1
"Di dalam suatu reaksi kimia, massa zat-zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama"

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com