Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Monday, March 11, 2013

Tombol 'Like' Facebook Ungkap Kepribadian Pemilik Akun

0 comments
Tombol 'Like' Facebook Ungkap Kepribadian Pemilik AkunKecenderungan politik, orientasi seksual, hingga kecerdasan dapat terlihat dari hal-hal yang disukai pemilik akun di Facebook. Hal-hal yang disukai tersebut ditandai dengan tombol "like" di Facebook.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Cambridge menggunakan algoritma untuk memprediksi agama, politik, ras, dan orientasi seksual pengguna Facebook. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PNAS tersebut membuat potret kepribadian yang secara mengejutkan akurat. Temuan tersebut memberi peringatan untuk privasi pemilik akun.

Studi tersebut melibatkan 58 ribu pemilik akun Facebook dan informasi demografis yang memberikan hasil tes psikometri. Hal-hal yang disukai di Facebook kemudian dimasukkan dalam algoritma dan dicocokkan dengan informasi dari hasil tes kepribadian.

Algoritma tersebut terbukti 88 persen akurat untuk menentukan seksualitas laki-laki, 95 persen akurat dalam membedakan Afrika-Amerika dari Kaukasia-Amerika dan 85 persen untuk membedakan Republik dari Demokrat.

Pemeluk agama kristen dan muslim juga diklasifikasikan dengan akurasi 82 persen. Sementara, status hubungan dan penyalahgunaan zat diperkirakan dengan akurasi antara 65 persen dan 73 persen.

Situs yang diklik jarang secara eksplisit memperlihatkan atribut tersebut. Kurang dari 5 persen gay yang secara jelas mengklik 'like' untuk pernikahan sejenis. Sebaliknya, algoritma agregrat meligat kesukaan dalam musik dan acara TV untuk membuat profil pribadi.

"Kentang goreng berkorelasi dengan kecerdasan tinggi dan orang-orang yang menyukai film Dark Knight cenderung memiliki lebih sedikit teman Facebook, " kata penulis dari hasil penelitian, David Stilwell dilansir BBC.

Studi tersebut dinilai bisa dimanfaatkan untuk pemasaran perusahaan. Namun para peneliti memperingatkan profil tersebut mengancam privasi seseorang.

Source : republika.co.id-bbc.london

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com