Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Friday, February 15, 2013

Potret Kehidupan Muslim di Georgia

0 comments
Islam  di Georgia terbilang memiliki pengaruh yang besar. Di  negara itu terdapat sedikitnya tujuh Madrasah (sekolah agama Islam) di Georgia.  Umat Islam di Georgia ada yang beraliran Suni dan ada pula yang Syiah. Kedua penganut aliran dalam Islam itu hidup saling berdampingan.

Islamofobia masih menjadi fenomena yang mengkhawatirkan di Georgia. Banyak orang Georgia  yang khawatir terhadap ideologi Islam dan pengaruh luar yang dapat menyebabkan kekerasan internal. Keberadaan  Muslim Chechec Kists kerap kali menjadi suatu sumber ketegangan politik antara Georgia dan Rusia.

Untunglah Georgia di bawah kepemimpinan Mikheil Saakashvili mulai memperhatikan aspirasi umat Islam. Baru-baru ini,  Saakashvili menyerukan agar izin pembangunan masjid di Georgia tak boleh lagi dipersulit. Sebelumnya, umat Islam sangat sulit untuk membangun masjid, karena proses perizinannya begitu sulit. 

‘’Dengan menolak untuk membangun mesjid di Georgia, sama artinya bagi kita menolak hak ratusan ribu Muslim yang tinggal di wilayah ini  untuk menjadi warga negara Georgia,’’  kata Presiden Georgia, , melalui  saluran televisi PIK.

Menurut Saakashvili, mendirikan masjid bukanlah masalah agama, tapi hak seluruh penduduk Georgia untuk beribadah. ‘’Mereka tidak dapat ditolak haknya untuk mempraktikkan tradisi agama mereka,’’ ungkap sang Presiden. Kebijakan Saakashvili itu banyak ditentang masyarakat non-Muslim.

‘’Sangat mudah untuk membuang slogan populis, tapi kita harus memiliki sikap tanggung jawab terhadap sesama warga negara kita terlepas dari identitas agama dan asal usulnya,’’ paparnya.  Pemerintah Georgia pun menandatangani kesepakatan dengan Turki.

Kesepakatan itu berupa mempermudah perizinan pembangunan masjid di Georgia dan perbaikan gereja di Turki.  Kebijakan Presiden Mikheil Saakashvili itu tentu menjadi angin segar bagi umat Islam Georgia di tengah merebaknya Islamofobia di negara itu.

Sebagai minoritas, sungguh tak mudah bagi Muslim Georgia untuk menjalani kehidupan beragama. Bahkan, menurut laman Caucaz, umat Islam cenderung untuk sulit diakui dalam ideology nasional baru Georgia. Terlebih, rezim Saakashvili lebih cenderung menerapkan nilai-nilai Kristen.

Sebagai salah satu bukti, Rezim Saakashvili menggunakan bendera baru sebagai symbol negara itu. Lambang Raja David yang dipakai pada bendera negara itu menunjukkan bahwa Georgia berupaya untuk membangunkan kembali negara Kristen.

Komunitas Muslim

Kekuatan umat Islam di Georgia terdapat pada etnis Ajarian  dan Azeris. Selain itu ada pula komunitas Muslim lainnya yang lebih kecil, yakni Abkhaz. Orang-orang etnis Abkhaz  dikenal dengan sebutan Abkhazian. Mereka tinggal dan menetap di wilayah Abkhazia dan kota-kora lainnya di Georgia.

Etnis kecil lainnya  yang memeluk Islam adalah Kistin. Mereka menetap di lembah Pankisi – tepatnya di Timur Laut Georgia. Jumlah komunitas Muslim dari etnis itu mencapai 12 ribu jiwa. Mereka merupakan pengikut Tarekat Qadiriyah dan Naqsabandiyah.

Source: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/13/02/11/mi18bz-potret-kehidupan-muslim-di-georgia

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com