Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Tuesday, February 19, 2013

Makna Kata CIYUS

0 comments

Saudara-saudara yang ku muliakan ~

Mungkin ini ada yang menyangkal bahwa posting ini bermakna mengada-ngada, berlebihan, su'udzhon atau apalah. Tetapi, perlu kita ingat bahwa, akhir-akhir ini betapa indah dan apiknya musuh-musuh Islam membuat sebuah hiasan di berbagai sendi kehidupan kaum muslimin. Hiasan itu dipoles sedemikian indah, di mana kaum muslimin itu tergiur dan terlena kemudian membudayakan hal-hal yang kelihatan indah itu dalam kesehariannya.

Banyak sekali hiasan-hiasan yang mereka buat, salah satunya adalah hiasan dalam berbahasa dan berkomunikasi.

Ada satu bahasa komunikasi verbal yang sering kita lihat, kita dengar, bahkan kita sendiri pernah menggunakan bahasa tersebut. Kata itu sering kita dengar dari mulut anak-anak kecil, ABG-ABG bahkan orang dewasa ikut bercanda dengan bahasa ini.

"Ciyuuuusss??? Miapah???"

Nah, itu dia bahasa komunikasi lazim, krenn, moderen yang kita dengar.

Kaget bercampur bingung, pertama membuka inbox masuk di mobileku. Ternyata ada SMS yang berisi tentang himbauan terhadap penggunaan kata "CIYUS" dalam komunikasi dan kita sering mendengar kata ini.

Kata "Ciyus", merupakan singkatan dari "CINTA YESUS", (Cengang gue!!)

Yah, Akronim yang luar biasa, tak disangka, tak terpikirkan dan tak diduga. Ternyata begitulah kiranya yang dapat kita analisa dari hal-hal yang sering diperdengarkan dalam kehidupan sehari-hari.

Silahkan yang membaca ini menganalisa, mencari tahu dan memaknai sendiri perihal kata tersebut. Tetapi, sebagai kekhawatiran dan bentuk kehati-hatian kita sebagai insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Azza wa Jalla. Agar Sedianya menjauhi penggunaan kata-kata yang sontak kita dengar aneh alias ALAY seperti kata tersebut.

Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiallahu anhuma dia berkata: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَشَبَّهَ بِغَيْرِنَا
“Bukan termasuk golongan kami orang yang menyerupai kaum selain kami.” (HR. At-Tirmizi no. 2695)

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk darinya”. (HR. Abu Daud no. 4031 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah: 1/676)

Wallahu a'lam.

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com