Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Wednesday, February 27, 2013

Upaya Pelajar dan Mahasiswa Muslim AS

0 comments
Upaya Pelajar dan Mahasiswa Muslim AS
Ada dua persoalan besar yang dihadapi pemuda Muslim di AS. Kedua persoalan itu saling terkait dan menuntut keaktifan pemuda Muslim.

Persoalan pertama, penggunaan bahasa Inggris. Persoalan ini masih dialami para pemuda Muslim yang kebetulan berasal dari keluarga imigran.

Mereka terbiasa menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar, padahal tempat tinggal mereka saat ini kebanyakan menggunakan bahasa Inggris.

Hindi Al-Elham, mahasiswa Universitas Illinois mengungkap seorang pelajar Muslim minimal harus menguasai bahasa Inggris.

Ini untuk memudahkan para pelajar untuk bersosialisasi. "Sebenarnya, memang ada lima bahasa yang digunakan," kata dia seperti dikutip Times Sun, Selasa (26/2).

Situasi itu sebenarnya telah dipahami dengan baik sebagian sekolah di AS. Para guru merekomendasikan orang tua, utamanya dari kalangan imigran, untuk biasakan berbicara dalam bahasa Inggris. Kebiasaan ini diharapkan mempermudah pelajar dan mahasiswa Muslim menguasai bahasa Inggris.

Persoalan lainnya, adalah sterotipe negatif tentang Islam dan Muslim. Masalah ini juga ada hubungannya dengan penguasaan bahasa Inggris di kalangan pelajar Muslim. Pasalnya, kendala bahasa membuat mereka mengalami kesulitan untuk meluruskan kesalahpahaman.

Kendati demikian, kendala bahasa tidak serta merta membuat pelajar dan mahasiswa Muslim urung memberikan sumbangsihnya. Itu terlihat dari sejumlah workshop yang digelar mereka.

Bak gayung bersambut, apa yang diselenggarakan para pelajar dan mahasiswa menarik minat masyarakat, utamanya dari kalangan akademisi.

Sina Ruffin, salah seorang guru, mengaku sangat terbantu dengan penyelenggaraan workshop. "Saya ingin belajar tentang hal yang tidak saya ketahui," kata dia.

Tak sedikit dari peserta yang kemudian memuji. "Saya tidak pernah mengetahui informasi tentang Islam dan Muslim. Jadi, informasi tentang kedua hal itu menjadi sangat penting," ungkap Jean Mendoza, yang juga seorang guru.

Sebelum mengikuti workshop, Jean banyak mencari tahu dengan menyambangi Masjid. Namun, tidak mudah baginya untuk mendatangi masjid. "Ada kesan, kedatangan saya mengunjungi Masjid seperti kegiatan yang berbahaya," kata dia.

Jean mengatakan penting bagi masyarakat AS untuk mengenal budaya lain. Pasalnya, ada kecenderungan masyarakat AS malas melakukannya. "Pastinya, rasa malas itu lebih banyak disebabkan ketidaknyamanan berhubungan dengan Islam dan Muslim," kata dia.(republika/sbl)
- See more at: http://www.sabili.co.id/berita/islami/item/480-upaya-pelajar-dan-mahasiswa-muslim-as.html#sthash.mWh5ql7W.dpuf

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com