Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Sunday, November 11, 2012

Keserakahan adalah Jubah Kemiskinan

0 comments


Kekayaan datang dari hati yang memberi, sedangkan kemiskinan datang karena keserakahan hati.
Hati yang bersyukur dan amemberi mendatangkan kekayaan, sedangkan hati keserakahan dan meminta itulah sumber kemiskinan.

Diceritakan ada dua roh yang spesial untuk dilahirkan ke dunia dengan status memberi dan diberi. Lalu Raja neraka menentukan roh A akan terlahir sebagai yang suka memberi dan roh B sebagai yang suka menerima. 

Tetapi roh A protes dan meminta ingin terlahir sebagai yang diberi, sedangkan roh B hanya ikhlas menerima apapun keputusan raja neraka.

Akhirnya raja neraka memutuskan dan mengingatkan pilihan tidak bisa dirubah lagi.
Karena roh A ingin dilahirkan sebagai yang diberi, maka di dunia akan menjadi seorang pengemis dan roh B terlahir menjadi orang kaya yang dermawan, sehingga bisa selalu memberi. 

Mendengar keputusan tersebut roh A menyesal sekali dan ingin protes kepada raja neraka. Tetapi keputusan telah ditetapkan dan tidak bisa diubah. Nasib telah telah ditentukan.

Raja neraka hanya mengatakan kepada roh B,”Itulah akibat keserakahan hatimu yang selalu ingin diberi, menjadi pengemis adalah sangat cocok bagimu!”
* * *
Itu hanyalah cerita yang ada di neraka, sekarang coba kita tengok keadaan di dunia.
Ternyata keserakahan masih juga menguasai manusia dan keserakahan itu benar-benar menjadi sumber kemiskinan. 

Manusia yang masih diliputi keserakahan hati bukan hanya menjadi sumber kemiskinan bagi orang lain. Tetapi itu adalah juga menjadi sumber kemiskinan bagi dirinya.

Orang yang masih memiliki keserakahan menandakan ia masih merasa kekurangan dan dipenuhi kemiskinan.

Kekurangan bukan hanya dalam hal materi, namun juga miskin rohani. 

Keserakahan membuat manusia selalu merasa kurang dalam hidupnya, sehingga harus selalu meminta kepada Tuhan, padahal seharusnya adalah sudah waktunya memberi.

Hati manusia yang masih dipenuhi kesekarahan membuatnya hidup dalam kekurangan dan takut kehilangan.

Keserakahan tak pernah membuat manusia untuk bersyukur dan merasa puas dalam hidupnya.

Keserakahan bisa dikatakan adalah jubah kemiskinan, baik materi maupun rohani bagi manusia.

Keserakahan adalah jubah kemiskinan yang menyedihkan yang masih sering dipakai tak rela untuk dilepas. 

Sayangnya banyak manusia yang tak menyadari bahwa jubah kemiskinan itu pembawa bencana bagi hidupnya.

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com