Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Saturday, December 1, 2012

Macam Sensasi Rasa dalam Dzikrullah

0 comments


Bismillahir-Rahmaanir-Rahim ... 

Sebenarnya ada banyak macam sensasi sebagai wujud reaksi dari Allah. Seiring dengan macam-macamnya model manusia yang menghadap kepadaNya. Dan ini bukanlah hal yang aneh, karena semua tergantung kepada kesiapan mental dari si manusia itu sendiri.

Dan semua disesuaikan dengan situasi kondisi yang dialami dari si pelaku dzikir itu. Yang pasti adalah semuanya baik dan tugas kita hanyalah menerima dengan pasrah apapun pelajaran yang bakal diberikan kepada kita.

Perasaan nyaman, tenang dan damai ...

Inilah perasaan yang paling umum dan sering kali menghampiri siapapun yang mau berdzikir/menghadap/mengingat Allah. Sebuah pengalaman yang indah, mempesona, hingga pada tahap membuat kita menjadi keheranan. Karena begitu hebatnya rasa/dzauq yang dirasakan. Yang jaman sekarang biasa disebut sebagai Ekstasis.

Getaran yang hebat ...

Di saat seseorang sedang intensif ingat kepada Tuhannya terkadang, bahkan bisa jadi seringkali muncul gerakan-gerakan yang aneh, otomatis, dan di luar kehendak diri sendiri. Dan ini sebenarnya adalah fenomena yang wajar saja bagi pelaku meditasi, termasuk dzikir.

Karena pada saat dzikir, seseorang sedang terhubung dengan dimensi Maha Tinggi, dimensi ketuhanan. Dimana pada saat itu terjadi proses resonansi, getar menggetarkan antara hamba dengan Tuhannya. Energi rahmat dari Allah yang begitu melimpah, mengucur, memandikan tubuh fisik dan rohani yang memang di luar kebiasaannya.

Perasaan jatuh cinta ...

Inilah yang ditunggu. Sebuah karunia besar nan agung, yang bakal dianugerahkan kepada siapapun yang mau bermujahadah. Berupa perasaan jatuh cinta. Cinta kepada apa-apa yang halal. Cinta kepada apa-apa yang diridhoi oleh Allah. Cinta kepada iman. Cinta kepada Allah.
Sungguh anugerah yang luar biasa.

Perasaan benci kekafiran ...

Seiring dengan munculnya gairah cinta terhadap kebaikan, maka perasaan yang sebaliknya, yakni benci terhadap kekafiran, kemaksiatan, kefasikanpun dimunculkan oleh Allah. Sebagai bentuk perlindungan/mahfudz dari hal-hal yang buruk.

Keimanan yang bertambah ...

Keimanan, kepercayaan terhadap adanya Allah, kepercayaan akan rahmatnya yang begitu luas,kepercayaan akan ampunannya yang selalu terbuka, kepercayaan akan pertolongannya yang sangat dekat, menjadi semakin menguat dan menebal seiring dengan pengalaman-pengalaman spiritual yang banyak.

Wallahu A'lam bishowab ...
Semoga kita dapat mengambil pengetahuan yang bermanfaat dan bernilai ibadah. .. ..

Wabillahi Taufik Wal Hidayah, ...

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com