Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Friday, January 25, 2013

Alam Semesta Diselimuti Energi Gelap

0 comments

Alam Semesta Diselimuti Energi Gelap

CALIFORNIA - Ilmuwan menemukan bahwa alam semesta (universe) diselimuti oleh materi gelap dan energi gelap. Untuk itu, National Aeronautics and Space Administration (NASA) bergabung dengan European Space Agency (ESA) berupaya mengungkap energi gelap tersebut melalui misi Euclid.

Dilansir MSN, Jumat (25/1/2013), misi Euclid melibatkan teleskop luar angkasa yang akan diluncurkan di 2020. Teleskop luar angkasa ini difungsikan untuk mempelajari materi gelap misterius dan energi gelap yang melingkupi alam semesta.

NASA akan berkontribusi dengan mengusung 16 detektor inframerah dan empat perlengkapan untuk salah satu dari dua instrumen teleskop sains Euclid. Badan antariksa asal Amerika Serikat ini juga memilih 40 anggota baru untuk Euclid Consortium.

Euclid Consortium merupakan badan internasional yang terdiri dari 1.000 ilmuwan yang akan mengawasi misi dan perkembangannya. "NASA sangat bangga untuk berpartisipasi pada misi ESA. Misi ini dilakukan untuk memahami salah satu misteri sains terbesar saat ini," kata John Grunsfeld, Science Mission Directorate NASA.

Para astronom berpikir materi "normal" dapat terlihat dan disentuh hanya sebesar 4 persen di alam semesta (luar angkasa). Sisanya terdiri dari materi gelap dan energi gelap.

Energi gelap dianggap sangat menarik dan banyak peneliti percaya bahwa energi ini bertanggungjawab untuk mempercepat ekspansi alam semesta. Namun, sejauh ini energi gelap tersebut tetap menjadi misteri.

Misi Euclid diharapkan dapat memberikan pencerahan pada sudut paling gelap di alam semesta. Ilmuwan akan melibatkan pesawat luar angkasa dengan bobot 2.160 kilogram, yang akan menghabiskan waktu selama enam tahun untuk memetakan dan mempelajari hingga 2 miliar galaksi yang ada di seluruh alam semesta.

RSS : http://berita.plasa.msn.com/

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com