Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Thursday, January 17, 2013

Sering Galau di Musim Hujan? Atasi dengan Paparan Cahaya Biru

0 comments
 
Seseorang mungkin sering bertanya-tanya mengapa dirinya lebih mudah merasa sendu atau 'galau' di musim hujan daripada di musim panas. Hal ini disebabkan oleh kondisi seasonal affective disorder (SAD) yang dapat diatasi dengan terpapar cahaya biru.

SAD adalah kondisi nyata yang membuat seseorang merasa sendu selama musim hujan. Hal ini terjadi karena kurangnya paparan sinar matahari selama musim dingin dan berpengaruh terhadap kondisi hormonal pengatur suasana hati seseorang.

Seseorang dapat mengalami depresi karena rasa sendu yang berkepanjangan selama musim hujan. Berikut adalah gejala dan tanda-tanda Anda mengembangkan SAD:

- Ngidam makanan manis dan berkarbohidrat
- Kesulitan berkonsentrasi
- Ngantuk sepanjang hari
- Durasi tidur malam yang terlalu panjang
- Berat badan meningkat
- Gairah seksual menurun
- Kurang dapat menikmati hal-hal yang menyenangkan
- Ketegangan otot

Meskipun hal tersebut tampakya terlalu sederhana, tetapi dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Pemicunya adalah kurangnya cahaya matahari karena periode penyinaran matahari yang terlalu pendek akibat musim hujan. Produksi hormon serotonin yang terkait dengan suasana hati akan menurun ketika paparan terhadap sinar matahari berkurang.

Paparan cahaya terang dapat meningkatkan kadar serotonin, sehingga seseorang cenderung lebih bahagia ketika cuaca cerah dan matahari bersinar sepanjang hari. Tetapi ketika paparan sinar matahari terbatas, tubuh lebih banyak memproduksi hormon melatonin daripa melatonin.

Hal ini menyebabkan seseorang merasa mudah lelah, karena jumlah melatonin dapat membuat seseorang menjadi lesu, nafsu makan meningkat, dan berpengaruh terhadap metabolisme dan emosinya.

Sebuah studi yang dilakukan di Inggris pada tahun 2009 menemukan bahwa sekitar 40 persen dari cahaya matahari yang diserap tubuh selama musim panas adalah cahaya dengan spektrum warna biru. Di musim dingin, persentase cahaya biru dari sinar matahari menurun menjadi 26 persen.

Seseorang yang menghabiskan lebih banyak waktunya di dalam ruangan dan terpapar cahaya lampu, tidak mendapatkan manfaat yang sama dengan cahaya alami dari sinar matahari. Sehingga Anda akan tetap merasa sendu jika kurang mendapat paparan sinar matahari.

Penelitian yang dilakukan di Thomas Jefferson University telah menemukan bahwa paparan cahaya biru menyebabkan koneksi kuat di otak antara daerah yang mengatur bahasa dan emosi. Berada di sekitar cahaya biru dapat merangsang koneksi tersebut dengan lebih baik daripada cahaya hijau, meskipun lampu hijau menguntungkan untuk kesehatan penglihatan.

Seperti dilansir naturalnews, Jumat (18/1/2013), sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa cahaya biru lebih efektif untuk mengurangi gejala SAD daripada cahaya merah. Para ahli berhipotesis bahwa cahaya biru dapat membantu meningkatkan mood seseorang.

Kini telah banyak orang yang memanfaatkan kotak cahaya untuk membantu mengurangi depresi akibat perubahan musim. Kotak cahaya tersebut biasanya memancarkan cahaya putih terang yang dapat membuat perasaan seseorang lebih baik setelah terpapar selama 30 sampai 45 menit per hari.

Cahaya biru mungkin bekerja lebih baik dari cahaya putih untuk menghalau kegalauan. Para peneliti juga menyatakan bahwa mengganti lampu kuning dengan lampu biru dapat meningkatkan produktivitas dan peningkatan suasana hati.

Meski cahaya biru buatan dari lampu yang Anda dapatkan dalam ruangan tidak mampu menggantikan manfaat sinar matahari, tetapi hal ini dapat membantu mengatasi gejala SAD yang sering dialami seseorang ketika musim hujan.

Jika Anda harus bekerja seharian di ruangan, pasanglah lukisan dinding dengan warna terang karena dapat memantulkan sinar matahari yang terbatas tersebut dan meningkatkan mood.--detikHealt

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com