Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Saturday, January 19, 2013

Simpanse Memiliki Rasa 'Keadilan'

0 comments
Simpanse
Para ilmuwan mengatakan mereka menemukan bukti bahwa simpanse mau berbagi dan memiliki rasa keadilan.

Dalam satu eksperimen, para ilmuwan mengajarkan simpanse untuk bermain dengan menggunakan bidak berwarna untuk menentukan cara berbagi satu pisang.

Sejumlah simpanse dalam eksperimen ini berbagi pisang dengan porsi yang sama.

Para peneliti dari negara bagian Georgia, Amerika Serikat mengatakan eksperimen itu menunjukkan bahwa sifat keadilan manusia berawal dari masa evolusi dulu.

Simpanse hidup dalam komunitas gotong royong dengan berburu makan bersama serta bersama-sama membesarkan anak.

Temuan para ilmuwan dari Pusat Penelitian Primata Yerkes, Universitas Emory dan Universitas Georgia.

Uji coba manusia dan simpanse

"Eksperimen ini menunjukkan bahwa manusia dan primata lain, memiliki banyak kesamaan"
Darby Proctor
Para peneliti melakukan uji coba secara terpisah antara anak-anak yang berusia antara dua dan tujuh tahun serta enam simpanse dewasa.

Hasilnya adalah tidak ada perbedaan antara sifat manusia dan simpanse, kata para peneliti.

"Manusia biasanya membagi 50% porsi kepada pasangannya, dan itulah yang tercatat dalam penelitian kami terhadap simpanse," kata peneliti Frans de Waal.

Penelitian ini diharapkan pemahaman lebih lanjut atas binatang primata ini.

"Eksperimen ini menunjukkan bahwa manusia dan primata lain, memiliki banyak kesamaan," kata peneliti Darby Proctor.

"Kami harap, jenis penelitian seperti ini dapat membantu manusia mengerti lebih jauh tentang binatang ini," tambahnya.--bbc--

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com