Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Tuesday, January 15, 2013

Mosaic Hancurkan Tembok Penghalang Muslim!

0 comments
 Shaista Gohir, Pangeran Charles, Admiral Amjad Hussein, Monawar Hussain. (Berita SuaraMedia)LONDON (Berita SuaraMedia) – Generasi muda Muslim Inggris yang hidup dalam komunitas-komunitas terpinggirkan di negara tersebut harus menghadapi berbagai persoalan penting setiap harinya, seperti kurangnya teladan positif, kurangnya pemberitaan media yang positif, kurangnya kepemimpinan komunitas yang efektif, serta kurangnya pemahaman di antara nonmuslim tentang peran warga Muslim dalam masyarakat. Untuk mengatasi isu-isu tersebut, pada tahun 2012 didirikan Mosaic atas inisiatif Pangeran Wales dan Komunitas Bisnis miliknya.
Yayasan amal ini bermarkas di London dan telah beroperasi di Yorkshire & Humber, Lancashire, serta mulai merambah internasional.
Bulan Mei lalu, sebuah inisiatif untuk mendukung generasi muda Muslim Inggris dengan pembinaan dan teladan positif diluncurkan di pusat CBSO (City of Birmingham Symphony Orchestra) di Birmingham.
Lebih dari 150 tamu menghadiri acara peluncuran resmi Mosaic West Midlands. Acara itu dipandu oleh Adil Ray dari BBC Asian Network dan melibatkan sejumlah pembicara serta penampil pertunjukkan.

Rear-Admiral Amjad Hussein, tentara muslim dengan pangkat tertinggi di Angkatan Bersenjata Inggris, Monawar Hussain, imam pertama di Eton College, serta Shaista Gohir dari Muslim Voice UK semua memberikan dukungan terhadap Mosaic.
John OBrien, direktur pelaksanaan Mosaic, mengatakan, "Perluasan Mosaic ke West Midlands merupakan sebuah perkembangan yang penting dan menyenangkan. Melihat pengaruh yang diberikan Mosaic selama 18 bulan di seluruh Inggris Raya, saya memiliki harapan tinggi bahwa Mosaic akan membuat perbedaan besar di kalangan generasi muda dan komunitas muslim di wilayah itu".
Salah satu persoalan utama dalam kehidupan remaja Muslim pada umumnya adalah kurangnya teladan yang positif dan kepemimpinan yang efektif. Untuk menginspirasi tumbuhnya kepemimpinan di dalam komunitas muslim di seluruh dunia, 90 delegasi dikumpulkan untuk menghadiri acara pembukaan Sekolah Musim Panas Internsional Mosaic (Mosaic International Summer School) bulan depan.
Sekolah musim panas ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang isu-isu lingkungan dan sosial global serta menciptakan hubungan yang positif antar individu dari dunia Muslim dan non-Muslim. Sekolah yang disponsori oleh rekan internasional, HSNC Bank Middle East ltd., ini telah dikembangkan melalui kerjasama dengan Kantor Persemakmuran dan Luar Negeri UK (UK Foreign and Commonwealth Office).
Program yang berlangsung selama dua minggu itu akan mendorong dilakukannya debat dan diskusi seputar isu-isu utama yang dihadapi komunitas-komunitas di seluruh dunia. Para delegasi juga akan diajak mengunjungi berbagai proyek yang ada di Inggris untuk semakin menghidupkan jalannya diskusi.
Kelompok delegasi telah diseleksi dari individu-individu dengan jangkauan usia antara 20-40 tahun dari seluruh penjuru dunia – mulai guru sampai desainer, murid, insinyur, dan pemimpin-pemimpin bisnis.
OBrien mengatakan, "Di Inggris, Mosaic membantu menghancurkan tembok penghalang sosial antara komunitas Muslim dan non-Muslim melalui pemberian dukungan kepada generasi muda Muslim dan yang lainnya di wilayah-wilayah pinggiran."
"Melalui Sekolah Musim Panas Internasional Mosaic, kami berharap dapat menyebarkan proyek kami ini ke seluruh dunia. Program ini akan menciptakan jaringan pemimpin dengan pemahaman terhadap isu-isu lingkungan dan sosial global, sehingga pemuda-pemudi muslim dapat mengarahkan hubungan yang positif antara dunia muslim dan nonmuslim di dalam komunitasnya sendiri."
Minggu pertama program tersebut diadakan di Cambridge dan terdiri atas berbagai seminar dan diskusi kelompok dengan tema Kepemimpinan yang Menginspirasi di Abad 21.
Di minggu kedua, para delegasi dipecah menjadi beberapa kelompok untuk mengunjungi proyek-proyek di beberapa tempat di Inggris. Setelah itu mereka akan kembali ke London untuk memberikan laporan serta berdiskusi dengan kelompok masing-masing mengenai apa-apa yang telah mereka pelajari.
Saat kembali ke negara masing-masing, para delegasi diharapkan dapat mengaplikasikan apa yang mereka dapatkan dari program itu di tempat asal masing-masing dan dalam bidang mereka sendiri-sendiri. (ri/tan/bou) suaramedia.com

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com