Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Tuesday, January 8, 2013

Kasih Ibu Dan Islam

0 comments

Oleh : Muhammad Eka Hidayatullah
         Alias Eka Dkerz Babuju



Pengorbana Ibu Saat Mengandung Dan Melahirkan

Ibu adalah orang yg telah mengandung kita selama sembilan bulan dan melahirkan antara hidup dan mati.fenomena kehamilan merupakan saat yg menakjubkan bagi seoarang ibu,walaupun janin dalam perut di bawa kemana belum lagi padasaat kesakitan setiap hari ketika perut makin membesar..akan tetapi mereka merasakan kebanggaan yg luarbiasa menjelang kehadiran sang janin dalam rahim,,perasaan ibu berbinar takala mengetahui hasil jalinan kasih dengan ayah kita ..dia tidak menghiraukan ketika waktunya melahirkan nanti sang ibu akan menempuh bahaya dan taruhanyawa,dia akan selalu bahagia untuk menanti buah hatinya,,sebagai mana telah di gambarkan akan penderitaan  seoarang ibu saat melahirkan dalam firman (ALLAH SWT).

”dan kami perintah kan manusia untuk berlaku baik terhadap kedua orang tuanya.ibu yg telah mengandung dengan susah paya ( menderita kesakitan )……….. ( QS AL ahqaf : 15 ).

Dan simak juga “Ungkapan Kasih Ibu”
Dari Puisinya Ratih Sanggarwati (Ratih Sang)

Sembilan bulan nak,… engkau hidup di perut ibu
Engkau ikut kemanapun ibu pergi
Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan
Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai air mata
Dan ketika engkau hadir, tangismu memecah dunia
Saat itulah… saat paling membahagiakan
Segala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah,
Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan,
Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah di telinga mungilmu

Pengorbana Ibu Saat Merawat Buahati Nya Dengan Kasih Sayang

Pada saat anaknya masih bayi seorang ibu hanya memikirkan dan mementingkan kebutuhan  anaknya,memikirkan agar bisa tumbuh besar tampa dia susah,setiap hari di curahkan kasih sayang yg sejati,,bahkan ketika anaknya sakit kepanikan akan melandaya bagai badai yg begitu besar dan ia akan beruasaha yg paling terbaik agar anaknya bisa sembuh. di saat mengurus rumaha tanggapun kita selalu di gendong dan di ajak nya bermain semua itu karna semata2 dia tidak ingin anaknya menagis.bagitu basar pengorbanan saat merawat kita.hingga dewasa seoarang anak akan terus di perhatikan kebutuhanya dan do,a-do,a pun menagalir mengikuti jejak langkah kita sampai  berada di hadapanya kenbali,, parasaan seorang  ibu akan selalu terukir indah untuk anak nya sampai akhir hayat nya,dalam islam pun mengatakn bahwa surga ada di telapak kaki ibu..  batapa kita benar benar harus mengabdi ke pada ibu kita dulu lalu ayah kita,dan di ceritakan dalam hadis ( Rasulullah saw ).

.”seoarang datang dan bertanya kepada rasulullah.”siapakah yg paling berhak atas kebaikan pergaulan ku wahai rasulullah,,? Beliau menjawab.”ibumu.kemuadian siapalagi..? ibumu.”jawab rasulullah.kemudian siapalagi..? ibumu.”jawab rasululla.dan siapa lagi..? ternyata yg keempat kalinya.”ayah mu”jawab rasulullah”

“Dan simak juga”ngkapan Kasih Ibu”
Dari Puisinya Ratih Sanggarwati (Ratih Sang)

Percayalah nak…
Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu Percayalah nak…
Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu…Anakku,…
Bila ibu boleh memilih duduk berlama-lama di ruang rapat
Atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle
Maka ibu memilih bermain puzzle denganmu
namun seiring berjalanya waktu Ketika tumbuh basar kita akan mulai melupakan bagai mana jasa seorang ibu saat mengandung,malahirkan dan curahan kasih sayang nya  karna banyaknya aktifitas dan megurus rumah tangga nya,, mereka hanya datang ketika kita memarlukan sesuatu atau dalam dalam kesulitan.tak peduli apa pun,,orang tua kita akan selalu ada di sana untuk memberikan apa yg bisa mereka berikan untuk membuata kita bahagia.

Kewajiban Pergaulan Anak Untuk orang tua..Seoarang Ibu Yg Melahirkan

dalam kehidupan kita,sebagai seoarang anak yg seharus nya membahagiakan dan mencurahkan rasa kasih sayang setiap hari,meskipun tidaka dalam bentuk materi dan lainya,,tapi dengan memeperhatikan tutur kata yg baik dan sopan santuk ketika barbicara dengan mereka,,perasaan mereka akan bahagia dan mereka akan merasa di sayangi oleh kita

nah dalam islam sangat di tekankan untuk  berbakti kepada kedua orang tua apa lagi ketiaka mereka sudah lanjut usia saat ia sudah lemah dan dan membutuhkan perhatian yg lebih banyak apalagi ketika sudah usia lanjut mereka lebih mudah tersinggung sebab itulah islam melarang seorang anak untuk berkata,” ah “ cih “ hum “ dan lain sebagainya yg bisa membuata mereka tersinggung..di jelaskan pula dalam al qur an,( ALLAH swt ) berfirman. 
“Dan tuhan mu mewajibkan agar tidak menyembah selain dia,dan hendak kalian berbuat baik terhadap ibu bapak kalian dengan sebaik-baiknya.dan jika salah seorang di antara keduanya atau keduanya berumur lanjut dalam peliharaan mu,maka jangan sekali-sekali kalian mengatakan kepada keduanya dengan perkataan “ah” dan jangan kamau membetak mereka dan ucapakanlah kepada mereka perkataan yg muliah,dan rendahkan lah diri mu kepada mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapakan lah”wahai tuhan ku kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka mendidik ku waktu kecil”……(AL isra : 23-24 ).


Hadis hadis lain tetntang durhaka kepada orang tua,

Kedua orang tua mempunyai hak yg harus di tunaikan oleh seoarang anak yaitu dalam bentuk kebaikan ,taat dan penghormatan hal itu sejalan dengan fitrah tradisi sosial yg sehata.telebih lagi pada seoarang ibu,dialah yg mengandung,beban melahirkan,menyusui dan merawat dengan berat.

Rasulullah Saw menjadika durhaka kepada kedua oarang tua sebagai dosa besar bahakan memnduduki urutan kedua setelah dosa sirik kepada ALLAH Swt ,,separti pernyataan al-qur-an dalam shahih bukhari dan muslim di sebutkan,,,,

 ”maukah kalian kuberi tau dosa yg paling besar..? beliau sampaikan pertanyaan itu tiga kali.”tentu wahai rasulullah.”beliau bersabda,”menyekutukan ALLAH,durhaka kepada orang tua,( beliau yg bersandar kemudian duduk dan mengatakan ) dan ketahuilah perkataan palsu serta persaksian palsu…

“Beliau juga mengatakan”

Ada tiga orang yg tidak masuk surga,orang yg durhaka terhadap kedua orang tuanya,dayyus ( suami yg rela istrinya berjinah) dan rajulah ( perempuan yg menyerupai laki laki )…..

Dan di katakan lagi”

Semua dosa di akhirkan pula ( hukumanya ) oleh allah sesuai dengan kehendaknya hingga hari kiamat,kecuali durhaka kepada kedua orang tua ,allah mendahulukan keoada pelakunya dalam kehidupan dunia,sebelum kematian…..
coba renungkan kembali kasih Ibu kita, dan jangan lupa tuk selalu mengucap doa pada-Nya tuk Ibu tercinta kita.

“Dan simak juga”ngkapan Kasih Ibu”
Dari Puisinya Ratih Sanggarwati (Ratih Sang)

Tetapi anakku…
Hidup memang pilihan…
Jika dengan pilihan ibu, engkau merasa sepi dan merana
Maka maafkanlah nak…
Maafkan ibu…
Maafkan ibu…
Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita,
Agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang

Saya sangat mencintai orang tua saya terlebih ibu saya…..Saya menulis ini yg paling besar adalah untuk menjadi pembelajaran dan tanggung jawab bagi saya sendiri,dan  saya berharap bisa juga bisa bermanfaat baigi orang lain yg membaca ini… Sekiranya itu saja dari saya jika salah kata itu dari pribadi saya sendiri dan jika ada kata atau  kalimat yg bisa di ambil sebagai pelajaran itu datng dari ALLAH melalui saya,,,,,,,,,,terima kasih untuk semuanya. assalamualaikum

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com