Start By Reading

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam". الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ "Yang menguasai di Hari Pembalasan". إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ "Tunjukilah kami jalan yang lurus", صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
Monday, January 14, 2013

Larangan Ngangkang Bagi Wanita Saat Berboncengan, Tepatkah?

0 comments
 
Jakarta - Beberapa hari lalu, negeri ini dihebohkan dengan munculnya surat edaran dari Walikota Lhokseumawe, Suadi Yahya, sehubungan dengan anjuran untuk tidak ngangkang saat berboncengan sepeda motor.

Dalam surat edaran tersebut, wanita-wanita di Lhokseumawe dihimbau untuk tidak ngangkang saat dibonceng, dengan dalih budaya, adat istiadat, dan yang terpenting, menjaga marwah perempuan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, surat edaran yang dikeluarkan oleh walikota ini hanya bersifat anjuran saja, namun ke depannya, Pemkot akan mengevaluasi berjalannya anjuran ini, dan jika memungkinkan, akan dikeluarkan qanun atau perda tertulis berkenaan dengan hal ini.

Belum genap sehari surat edaran ini dikeluarkan, banyak pihak sudah mempertanyakan kebijakan ini.

Anggota DPR-RI dari FDI-P, Eva Kusuma Sundari, berpendapat bahwa pemkot semestinya lebih memperhatikan keselamatan wanita saat berkendara, bukan hanya 'menyenangkan' ulama saja.

Menurut Norma Manalu, aktivis Bali Syura Inong Aceh, surat edaran itu merupakan salah satu bentuk salah kaprah dalam memahami syariat Islam. Lain lagi dengan Musdah Mulia, ia berpendapat bahwa peraturan ini sangat tidak masuk akal.

Terlepas dari kontroversi yang dihadirkan oleh surat edaran ini, perlu rasanya bagi kita untuk menelaah, tepatkah dikeluarkannya surat edaran ini. Jika ditinjau dari sisi syariat, sejatinya tidak ada larangan bagi seorang wanita untuk duduk ngangkang saat berkendara.

Hal ini dibuktikan dengan banyak sahabat wanita pada zaman Rasulullah SAW yang mahir berkuda. Aisyah ra. menaiki unta juga dengan duduk terbuka, tidak menyamping.

Meski demikian, ada kalanya duduk ngangkang saat berboncengan ini dapat dianalogikan dengan menyerupai laki-laki, seperti hadits riwayat Bukhari ra. yang berbunyi "Rasulullah saw. melaknat para laki-laki yang menyerupai kaum wanita dan wanita yang menyerupai kaum laki-laki,".

Jika berpatokan pada hadits ini, maka larangan duduk ngangkang ini dapat dibenarkan, karena posisi duduk demikian dianggap menyerupai laki-laki.

Namun di sisi lain, posisi duduk ngangkang saat berboncengan pun tidak dapat serta merta dianggap menyerupai laki-laki. Adakalanya posisi duduk ngangkang ini membuat wanita lebih nyaman berkendara, sehingga dapat menunjang keselamatan berkendara.

Selain itu, jika wanita tersebut membawa banyak barang atau sambil menggendong anaknya, maka akan lebih aman duduk ngangkang.

Melihat dari fakta-fakta tersebut, sejatinya surat edaran larangan ngangkang saat berboncengan tersebut tidak menjadi masalah. Namun, ada baiknya sifatnya tetap sebagai anjuran.

Karena banyak wanita yang duduk ngangkang untuk alasan-alasan yang jelas, seperti membawa barang, menggendong anak hingga adanya rasa nyaman dan aman dalam berkendara.

Surat edaran ini juga menjadi pesan, tidak hanya bagi wanita di Lhokseumawe, tapi bagi seluruh wanita di Indonesia, apakah mereka masih memiliki perhatian kepada hal-hal kecil yang mungkin kerap luput dari pandangan mereka.


Satria Hibatal Azizy
Kampus Pusat ISID Gontor, Ponorogo
hibatalazizy@gmail.com
085745053745

(wwn/wwn)

Leave a Reply

DisClaimer Notes: Jika di Blog kami ditemukan kesengajaan dan atau tidak sengaja menyakiti siapa pun dan dalam hal apapun termasuk di antaranya menCopas Hak Cipta berupa Gambar, Foto, Artikel, Video, Iklan dan lain-lain, begitu pula sebaliknya. Kami mohon agar melayangkan penyampaian teguran, saran, kritik dan lain-lain. Kirim ke e-mail kami :
♥ amiodo@ymail.com atau ♥ adithabdillah@gmail.com